PENERAPAN PENINGKATAN STANDAR KEBERSIHAN MCK DI SEKOLAH DASAR DAN TAMAN KANAK-KANAK DESA CISAAT

  • dinan mitsalina universitas negeri jakarta
Keywords: MCK, standar kebersihan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat di wilayah Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat mengenai peningkatan standar kebersihan MCK (Mandi Cuci Kakus). Hal ini dilakukan karena masih banyak masyarakat yang belum sadar akan kebersihan MCK. Sehingga dianggap perlu dilaksanakannya pemberian informasi mengenai standar kebersihan MCK. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 25 Juni 2022 di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah metode penerapan yang dilaksanakan untuk memberikan contoh penerapan standar kebersihan MCK kepada masyarakat Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat . Kegiatan ini bermitra dengan perangkat Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat oleh institusi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. Hasil     kegiatan pengabdian didapatkan poster dan contoh penerapan standar kebersihan MCK.

 

Kata Kunci: MCK, standar kebersihan

References

Hidayanto Fajar. (2015). Mck sebagai proritas utama dalam kesehatan keluarga.
Inovasi DanKewirausahaan, 4(1), 5–8. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/7885-14611-1-PB.pdf
Raihani, F., Chadirin, Y., Putra, H., Aleksandria, T., Larasaty, S. Amelia, R., Ganda,G. R., Chairunnisa, N., Meisnnehr, D., Andriani, F., Lubis, S., & Kandyas, M. A. (2020). Desain Instalasi Mandi, Cuci, dan Kakus di Cipapais, Kelurahan Kadumerak, Kabupaten Pandeglang.Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat , 2(3), 513–518.
Rarindo, H., Asrori, Firmansyah, H. I., & Qosim, N. (2022). Penggunaan Jamban/MCK Ditinjau DariAspek Kesehatan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Teknologi, 15(1), 1–7.
Published
2022-08-31
How to Cite
mitsalina, dinan. (2022). PENERAPAN PENINGKATAN STANDAR KEBERSIHAN MCK DI SEKOLAH DASAR DAN TAMAN KANAK-KANAK DESA CISAAT. Indonesian Journal of Sport Community, 2(2), 15-19. Retrieved from https://ijosc.ejournal.unri.ac.id/index.php/ijosc/article/view/44